Home Bisnis Rumah Dp 0 Persen : Syarat Dan Cara Pengajuannya

Rumah Dp 0 Persen : Syarat Dan Cara Pengajuannya

219
0
BAGIKAN

intanblog.com – Warga Jakarta akhirnya bisa memiliki rumah Dp 0 persen yang sebelumnya telah dijanjikan oleh Gubernur DKI Jakarta saat ini, Anies Baswedan. Janji tersebut ditepati Anies dengan meluncurkan program kepemilikan rumah Dp 0 persen yang saat ini sudah mulai dikerjakan.

rumah dp 0 persen - Rumah Dp 0 Persen : Syarat Dan Cara Pengajuannya

Lokasi pertama yang sedang dikerjakan berada di kawasan Klapa Village, Jalan H Naman, Pondok Kelapa, Duren Sawit, Jakarta Timur. Lokasi ini terletak di samping Tempat Pemakaman Umum (TPU) Pondok Kelapa.

Pembangunan rumah Dp 0 persen yang dikerjakan pada tahap awal ini rencananya akan tersedia 703 unit rumah yang terdiri dari :

  • 513 unit rumah type 36 ( Harga Rp 320 Juta per unit )
  • 190 unit rumah type 21 ( Harga Rp 185 Juta per unit )

Sesuai dengan rencananya, pembangunan hunian tersebut akan dibangun di atas lahan milik BUMD DKI Jakarta dengan bentuk rumah susun (rusun) yang terdiri dari 20 lantai. Menurut pihak Pemprov DKI, hunian tersebut akan selesai dan mulai ditempati pemiliknya mulai tahun 2019.

Baca Juga :
Investasi Reksadana Syariah : Apa Saja Pilihan Produknya?

Syarat Memiliki Rumah Dp 0 Persen

Bagi anda yang memang membutuhkan hunian di Jakarta, bisa memanfaatkan program ini namun dengan mengikuti beberapa syarat dan ketentuan yang berlaku seperti :

1. Warga Jakarta

Pembeli yang bisa membeli hunian dengan Dp 0 persen ini hanya dikhususkan bagi warga DKI Jakarta saja. Artinya, pembeli harus menunjukkan data valid berupa KTP wilayah jakarta.

2. Usia Lebih Dari 21 Tahun ( Telah Menikah )

Syarat yang kedua yaitu usia pembeli wajib lebih dari 21 tahun atau statusnya telah menikah. Selain itu, yang bersangkutan juga belum pernah memiliki rumah.

3. Memiliki Penghasilan Di Bawah Rp 7 Juta Per Bulan

Syarat selanjutnya adalah pembeli merupakan Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR) yang memiliki penghasilan di bawah Rp 7 juta per bulan. Yang bersangkutan harus bisa menunjukkan data yang valid terkait MBR.

4. Masa Kerja Minimal 1 Tahun

Hunian ini diberikan bagi mereka yang telah memiliki masa kerja 1 tahun (karyawan), dan menjalankan usaha minimal 1 tahun (wiraswasta). Yang bersangkutan juga harus menunjukkan Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP) atau Surat Pemberitahuan Tahunan Pajak Penghasilan (PPh).

Jika anda telah memenuhi syarat-syarat di atas tentu bisa mengajukan ke pihak terkait untuk membeli rumah Dp 0 persen tersebut.

Baca Juga :
6 Peluang Bisnis UKM Yang Menguntungkan

Cara Pengajuan Rumah Dp 0 Persen

Seperti halnya pengajuan kredit kepemilikan rumah pada umunya, anda akan dimintai beberapa persyaratan wajib yang harus dipenuhi. Persyaratan standar yang biasanya dibutuhkan untuk pengajuan kredit seperti Kartu Tanda Penduduk (KTP), Kartu Keluarga (KK), Slip Gaji (karyawan), Surat Keterangan kerja, Histori Tabungan, dan lain-lain.

Bagi masyarakat Jakarta tentu dengan adanya program kepemilikan rumah Dp 0 persen merupakan kabar gembira, karena mereka bisa memiliki rumah idaman tanpa perlu mengeluarkan biaya awal untuk menebusnya. Hal ini akan sedikit meringankan karena kebanyakan dari mereka merasa keberatan dengan biaya Dp kepemilikan rumah selama ini yang terbilang belum terjangkau secara financial.

BERIKAN KOMENTAR

Silahkan tulis komentar anda
Silahkan masukkan nama anda disini