Sejarah Sistem Operasi Android

0
478

Sistem operasi android saat ini menjadi sistem operasi yang banyak digunakan oleh perangkat smartphone, mulai dari smartphone murah sampai smartphone premium. Bagaimana sejarah sistem operasi Android dan perjalanannya hingga menjadi raksasa sistem operasi yang paling banyak digunakan saat ini.

android - Sejarah Sistem Operasi Android

Sebenarnya apa yang membuat sistem operasi android ini menjadi salah satu yang banyak digunakan dan bagaimana perjalanan android dari awal sampai sekarang? Dalam artikel ini akan membahas sejarah sistem operasi android dari pertama berdiri dan dirilis ke publik.

Baca Juga : Aplikasi Penghemat Baterai Android Terbaik dan Gratis

Sejarah Sistem Operasi Android

Android adalah sistem operasi berbasis linux yang dirancang untuk perangakat layar sentuh seperti smartphone dan pc tablet.

Android sendiri awalnya dikembangkan oleh Android, lnc., yang semua dananya ditanggung oleh Google. Tujuan pengembangan android awalnya sebenarnya untuk kamera digital, namun dikarenakan pasar untuk perangkat tersebut tidak terlalu besar maka pengembangan android dialihkan untuk smartphone.

Cara itu dilakukan untuk menyaingi sistem operasi Symbian dan Windows Mobile yang saat itu sedang naik daun. Dengan hadirnya Android, diharapkan pasar sistem operasi smartphone akan lebih variatif.



Kemudian pada tanggal 17 Agustus 2005, Android lnc. resmi diakuisisi oleh Google dan menjadikannya anak perusahaan yang sepenuhnya dimiliki oleh Google.

Pada tahun 2007 sistem operasi android dirilis secara resmi oleh Google bersamaan dengan didirikannya Open Handset Alliance ( OHA ). OHA didirikan dengan tujuan untuk mengembangkan standar terbuka bagi perangkat seluler.

Baca Juga : Aplikasi Youtube Go Sudah Final, Nonton Video Youtube Jadi Hemat Data

Ponsel Dengan Sistem Android Pertama

Pada tanggal 22 Oktober 2008 Android merilis smartphone pertamanya dengan sistem operasi android yang diberi nama HTC Dream. HTC Dream ini diproduksi oleh produsen smartphone HTC yang bekerja sama dengan Google.

Pada tahun 2010, Google merilis smartphone android seri Nexus yang merupakan smartphone dengan sistem android yang diproduksi oleh mitra produsen seluler seperti HTC, LG dan samsung. HTC memproduksi smartphone Nexus pertama yang disebut Nexus One. Kemudian LG dan samsung masing-masing memproduksi samrtphone Nexus 4 dan tablet pc Nexus 10.

Sejak dirilisnya sistem operasi android, mereka terus melakukan pembaruan-pembaruan terkait dengan kinerja sistem operasi untuk menjadikannya lebih baik lagi. Seperti menambahkan fitur-fitur baru dan memperbaiki bug yang terdapat pada versi sebelumnya.

Baca Juga : Sanksi Bagi Yang Tidak Registrasi Ulang Sim Card atau Kartu Prabayar

Versi Sistem Operasi Android

Setiap versi android yang dirilis selalu dinamakan berdasarkan alfabetis nama-nama makanan manis bergula. Misalnya :

VERSI NAMA KODE TANGGAL RILIS
 1.5  Android Cupcake  30 April 2009
 1.6  Android Donut  15 September 2009
 2.0 – 2.1  Android Eclair  26 Oktober 2009
 2.2  Android Froyo  20 Mei 2010
 2.3.3 – 2.3.7  Android Gingerbread  9 Februari 2010
 2.3 – 2.3.2  Android Gingerbread  6 Desember 2010
 3.1  Android Honeycomb  10 Mei 2011
 3.2  Android Honeycomb  15 Juli 2011
 4.0.3 – 4.0.4  Android Ice Cream Sandwich  16 Desember 2011
 4.1.x  Android Jelly Bean  9 Juli 2012
 4.2.x  Android Jelly Bean  13 November 2012
 4.3.x  Android Jelly Bean  24 Juli 2013
 4.4.x  Android KitKat  31 Oktober 2013
 5.x  Android Lollipop  15 Oktober 2014
 6.0  Android Marshmallow  19 Agustus 2015
 7.0  Android Nougat  22 Agustus 2016
 8.0  Android Oreo  21 Agustus 2017

1. Cupcake ( Versi 1.5 )

android cupcake 1 - Sejarah Sistem Operasi Android

Android Cupcake merupakan versi android pertama yang di komersialkan oleh Google. kalau dilihat dari namanya, versi Android mulai dari Cupcake memang mengambil dari nama makanan.

Pada versi ini termasuk pembaruan dari versi 1.1 yang mengalami cukup banyak perbedaan, antara lain adanya menu unggah ke Youtube, aplikasi Headset Nirkabel, tampilan Keyboard pada layar, tampilan gambar bergerak yang atraktif, serta widget yang bisa diperbesar dan diperkecil.

2. Donut ( Versi 1.6 )

android Donut - Sejarah Sistem Operasi Android

Sistem operasi Android Donut merupakan pembaruan dari Cupcake yang dirilis hanya beberapa bulan dari versi sebelumnya.

Pada versi ini pihak Google telah memberikan beberapa pembaruan seperti fitur pencarian yang lebih nyaman, sudah mendukung jaringan EVDO/CDMA, indikator baterai bisa ditampilkan pada layar.

Selain itu pembaruan yang lain berupa zoom in dan zoom out layar menggunakan sentuhan, menentukan file-file yang ingin dihapus, dan tampilan gambar yang bisa digunakan.

Baca Juga : Begini Cara Download Video Di Youtube Tanpa Software

3. Eclair ( Versi 2.0 – 2.1 )

android Eclair - Sejarah Sistem Operasi Android

Seperti pada versi-versi sebelumnya bahwa peluncuran Android versi baru merupakan adanya pembaruan maupun penambahan fitur-fitur yang lebih baik. Seperti halnya pada versi Eclair ini, banyak terjadi perubahan dan menjadi titik awal kemajuan Android.

Karena masa-masa peluncuran versi Eclair, banyak perusahaan ponsel yang mulai melirik sistem Android.

Pembaruan yang terjadi pada Eclair antara lain,pengoptimalan Google Maps, perubahan pada Browser, adanya daftar contact, penambahan flash untuk kamera 3.2 MP, adanya bluetoth 2.1, kamera digital zoom.

4. Froyo ( Versi 2.2 )

android Froyo - Sejarah Sistem Operasi Android

Android Froyo diluncurkan ketika Android sudah mulai laris di pasar, versi ini pertama kali di aplikasikan pada ponsel Google Nexus One.

Apa saja perubahannya dari versi sebelumnya?

Android Froyo terjadi penambahan fitur antara lain, pembenahan terhadap aplikasi dan tampilannya, penambahan kapasitas penyimpanan, penambahan Adobe Flash player. Pada pembaruan Android pada masa itu diperkirakan akan bersaing ketat dengan iOS yang saat itu berjaya.

5. Gingerbread ( Versi 2.3 )

android Gingerbread - Sejarah Sistem Operasi Android

Pada pembaruan Android Gingerbread terjadi perubahan yang signifikan, pasalnya Google telah menambahkan fitur dual camera untuk Video Call, serta sudah ditambahkan layanan games mobile.

Google sendiri terus meningkatkan kemampuan dan kualitas dari Gingerbread khususnya terhadap kualitas permainan dan aplikasi yang lebih mumpuni. Os Android Gingerbread termasuk yang paling banyak digunakan jika dibandingkan dengan versi sebelumnya.

6. Honeycomb ( Versi 3.1 – 3.2 )

Android Honeycomb - Sejarah Sistem Operasi Android

Pembaruan selanjutnya adalah Android Honeycomb, yang sejatinya di desain khusus untuk perangkat Tablet. Perangkat yang pertama kali menggunakan OS versi ini adalah Motorola Xoom.

Keunggulan dari versi ini adalah peningkatan terhadap kemampuan hardware yang semakin berkualitas, sehingga untuk pengguna Tablet akan lebih nyaman.

7. Ice Cream ( versi 4.0 )

android ice cream sandwich - Sejarah Sistem Operasi Android

Versi Android Ice Cream Sandwich dirilis pada tahun yang sama dengan versi sebelumnya dengan pembaruan-pembaruan yang lebih baik lagi.

Seperti fitur untuk memaksimalkan fotografi, fitur grafis yang lebih atraktif, peningkatan resolusi gambar, kualitas video, sistem pengenal wajah, dan lainnya.

Tentunya pembaruan ini semakin banyak diminati konsumen berkat penambahan fitur-fitur terbaru yang lebih baik.

8. Jelly Bean ( Versi 4.1 – 4.3 )

android jellybean - Sejarah Sistem Operasi Android

Versi Jelly Bean termasuk OS yang sangat digandrungi pada masa itu. Perusahaan ponsel yang pertama kali menggunakan OS ini adalah Asus, yang berasal dari Taiwan.

Pembaruan ini berupa peningkatan terhadap kemampuan on screen keyboard yang lebih cepat dan responsif, serta adanya beberap penambahan fitur lainnya yang lebih menarik dari versi sebelumnya.

9. KitKat ( Versi 4.4 )

android kitkat - Sejarah Sistem Operasi Android

KitKat merupakan versi Android yang memiliki keunggulan dari sisi resolusi yang dinilai mampu meningkatkan kualitas permainan pada game 3D.

Perangkat yang pertama kali menggunakan versi ini adalah Google Nexus 5.

10. Lollipop ( Versi 5.0 )

android lolipop - Sejarah Sistem Operasi Android

Versi Lollipop dinilai sebagai pembaruan yang difokuskan pada desain tampilan dan performa, agar lebih nyaman digunakan. Terutama kemampuan untuk game dengan kualitas tinggi dan aplikasi-aplikasi yang memerlukan resolusi tinggi.

11. Marshmallow ( Versi 6.0 )

android marshmallow - Sejarah Sistem Operasi Android

Android Marshmallow ternyata menjadi pembaruan OS yang paling banyak menjadi sorotan publik, pasalnya pada versi ini terdapat penambahan fitur berupa Native Finger Scanner Support dan Individual app permission.

Native Finger Scanner Support adalah fitur yang digunakan untuk keamanan sidik jari pada ponsel yang sudah mengadopsi fitur ini.

App Permission adalah sebuah fitur yang akan memberikan akses khusus pada user untuk menentukan apakah aplikasi yang akan digunakan diberikan izin oleh penggunanya. Sehingga versi Marshmallow dinilai sebagai pembaruan terhadap peningkatan keamanan pengguna.

12. Nougat ( Versi 7.0 )

android nougat - Sejarah Sistem Operasi Android

Untuk versi Nougat terdapat banyak perubahan terutama pada performa yang lebih baik berkat adanya fitur JIT (just In Time) untuk meningkatkan performa perangkat runtime dan mengurangi kapasitas penyimapan yang diperlukan aplikasi.

Android Nougat juga memiliki Mode VR, seperti yang kita ketahui VR adalah salah satu device tambahan yang digunakan untuk menonton film yang dapat mengantarkan kita ke dunia baru, namun mode VR ini mendukung untuk smartphone yang memiliki fitur Daydream.

Android juga menambahkan API Vulkan pada sistem Operasi terbarunya ini yang membuat tampilan grafls 3D pada smartphone kita semakin baik dan tampak hidup dengan grafis yang Iebih tajam.

13. Oreo ( Versi 8.0 )

android oreo - Sejarah Sistem Operasi Android

Versi Oreo merupakan versi Android ke delapan yang kaya akan fitur-fitur terbaru yang modern dan canggih.

Pada versi ini menjadikan perangkat anda berjalan lebih cepat, lebih halus, dan lebih menghemat daya baterai dari sebelumnya. Keamanan ditingkatkan berkat adanya Google Play Protect, layanan yang secara berkala memeriksa risiko keamanan perangkat dan aplikasi anda serta akan memberitahukan anda jika ada risiko ditemukan.

14. P…?

Setelah Oreo pasti Google akan memberikan nama pada versi Android selanjutnya dengan inisial P, apakah kira-kira nama tersebut?

Penutup

Itulah penjelasan saya mengenai sejarah sistem operasi android, serta penjelasan mengenai jenis dari versi sistem operasi android dari dulu hingga saat ini.

LEAVE A REPLY

Silahkan tulis komentar anda!
Masukkan nama anda disini