Home Asuransi Syarat Pendaftaran BPJS Kesehatan Yang Perlu Anda Ketahui

Syarat Pendaftaran BPJS Kesehatan Yang Perlu Anda Ketahui

53
0
SHARE

Bagi anda yang belum mendaftarkan diri menjadi peserta BPJS Kesehatan, atau sudah berniat ingin mendaftar maka sebelumnya simak terlebih dahulu tentang apa saja syarat pendaftaran BPJS Kesehatan yang perlu anda ketahui. Sebagai badan jaminan kesehatan nasional, BPJS Kesehatan memiliki banyak keuntungan yang bisa dirasakan pesertanya. Oleh karena itu pemerintah menganjurkan seluruh warga negara Indonesia wajib menjadi peserta BPJS.

syarat pendaftaran bpjs kesehatan yang perlu anda ketahui - Syarat Pendaftaran BPJS Kesehatan Yang Perlu Anda Ketahui

Jika anda belum paham tentang BPJS Kesehatan, silahkan baca artikel ( Pengertian BPJS Kesehatan : Manfaat dan Cara Pendaftarannya ) terlebih dahulu. Untuk melakukan pendaftaran, pihak BPJS memberikan 2 pilihan kepada masyarakat yaitu pendaftaran secara online dan pendaftaran offline dengan mendatangi kantor BPJS Kesehatan. Namun saya menganjrkan lebih baik menggunakan cara online karena lebih mudah dan tidak perlu antri, sehingga akan mempersingkat waktu anda.

Baca Juga :
Menggunakan BPJS Kesehatan Di Luar Kota, Pengalaman pribadi

Tentukan Terlebih Dahulu Kelas Dan Faskes 1

Saya sarankan sebelum anda melakukan pendaftaran silahkan tentukan terlebih dahulu kelas BPJS Kesehatan dan Faskes 1 agar nantinya proses pendaftaran berjalan lebih cepat.

Untuk kelas BPJS Kesehatan ada 3 pilihan yaitu kelas I, kelas II, dan kelas III. Dari ketiga kelas tersebut memiliki besaran iuran serta layanan yang berbeda. Untuk lebih jelasnya silahkan baca artikelnya disini ( Iuran BPJS Kesehatan Dan Sistem Pembayarannya ).

Sedangkan untuk Faskes 1 ( Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama ), anda bisa memilih Puskesmas terdekat dari tempat tinggal anda atau juga bisa menggunakan kliknik maupun dokter yang bekerja sama dengan BPJS Kesehatan.



Jika keduanya sudah anda tentukan, selanjutnya tinggal melakukan pendaftaran dengan mengikuti syarat dan ketentuan yang berlaku.

Baca Juga :
Prosedur Membeli Kacamata Pakai BPJS Kesehatan

Syarat Pendaftaran BPJS Kesehatan

Seperti yang sudah saya jelaskan di atas, bahwa untuk melakukan pendaftaran BPJS Kesehatan ada 2 cara yaitu secara online dan offline. Sehingga syarat yang dibutuhkan untuk kedua cara tersebut juga akan berbeda, silahkan simak penjelasannya berikut ini :

1. Syarat Pendaftaran BPJS Kesehatan Offline

Pendaftaran secara offline dilakukan dengan mendatangi kantor BPJS Kesehatan langsung dengan membawa beberapa persyaratan yang dibutuhkan. Anda tidak perlu kaget dengan kondisi kantor BPJS yang selalu ramai, sehingga untuk mengurusnya harus antri.

Sebelum mendatangi kantor BPJS Kesehatan, silahkan persiapkan beberapa persyaratannya seperti berikut ini :

  • Fotokopi Kartu Keluarga (KK), bawa juga yang asli
  • Fotokopi KTP, bawa juga yang asli
  • Fotokopi Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP) jika ada, bawa juga yang asli
  • Fotokopi buku tabungan dari penanggung yang tertera di KK
  • Pasfoto berwarna ukuran 3×4, masing-masing peserta satu lembar

Jika syarat yang diperlukan di atas sudah anda lengkapi, langsung menuju kantor BPJS Kesehatan terdekat dan ambil Formulir pendaftaran kemudian isi secara lengkap sesuai dengan data anda.

2. Syarat Pendaftaran BPJS Kesehatan Online

Berbeda dengan pendaftaran BPJS Kesehatan secara offline, jika anda mendaftar secara online tidak memerlukan banyak persyaratan yang rumit. Persyaratan yang anda butuhkan adalah :

  • Persiapkan nomor Kartu Keluarga (KK), biasanya berjumlah 16 nomor
  • Nomor ponsel aktif
  • Alamat email, ini digunakan untuk proses verifikasi dan cetak virtual account

Untuk pendaftaran secara online hanya persyaratan di atas yang perlu anda persiapkan, untuk lebih jelasnya silahkan baca Panduan Cara Daftar BPJS Kesehatan Online.

Baca Juga :
Cara Daftar BPJS Bayi Dalam Kandungan : Syarat dan Prosedur Yang Harus Dipenuhi

Bayar Iuran Pertama Dan Cetak Kartu

Setelah melakukan pendaftaran, selanjutnya anda akan diminta untuk melakukan pembayaran iuran pertama setelah 15 hari sejak tanggal pendaftaran. Selama rentang waktu tersebut, status kepesertaan anda belum aktif dan tidak bisa digunakan.

Bukti pembayaran iuran pertama disimpan untuk proses cetak kartu di kantor BPJS Kesehatan. Syarat yang perlu anda bawa untuk proses cetak kartu adalah :

  • Kartu Keluarga (KK)
  • Kartu Tanda Penduduk (KTP)
  • Bukti Pembayaran

Saya sarankan cek kembali data-data yang tertera di kartu BPJS Kesehatan yang sudah dicetak sebelum anda meninggalkan kantor BPJS Kesehatan, apakah sudah sesuai dengan data keluarga anda atau belum. Hal ini dilakukan agar anda tidak perlu repot-repot mengurus perubahan data lagi di kemudian hari.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here