Teknologi Dual Kamera Pada Smartphone, Begini Cara Kerja dan Keunggulan Dual Kamera

0
378
dual 2Bkamera 2Bpada 2Bsmartphone 300x178 - Teknologi Dual Kamera Pada Smartphone, Begini Cara Kerja dan Keunggulan Dual Kamera

Teknologi dual kamera saat ini sedang menjadi trend dalam dunia smartphone. Setelah Huawei mengeluarkan produk smartphonenya yang mempunyai fitur dual kamera yakni P9 dan P9 plus, sepertinya akan banyak merk-merk smartphone lain yang akan mengikuti jejak tersebut.

Sebelum Huawei, LG dan HTC telah lebih dulu menyematkan fitur dual kamera pada perangkatnya beberapa tahun lalu.

Apa sebenarnya yang membuat fitur dual kamera seolah-seolah menjadi fitur yang mewah? Mari kita bahas satu persatu tentang dual kamera pada smartphone.

1. Pengertian dan Cara Kerja Dual Kamera

Dual kamera atau kamera ganda pada dasarnya adalah penggabungan antara dua lensa kamera yang melalui beberapa proses menjadi satu hasil foto atau video.

Jadi secara detailnya adalah satu lensa digunakan untuk menangkap informasi RGB ( Red, Green, Blue ) dari subjek yang akan difoto.

Sedangkan lensa yang satunya lagi digunakan untuk menangkap informasi B&W, mengarahkan ke hasil foto yang lebih baik saat dalam kondisi minim cahaya.

Teknologi dual kamera menggunakan dua frame dari dua lensa yang berbeda, dengan simulasi seperti mata manusia sehingga hasil gambar yang diambil memiliki ruang dimensi yang lebih hidup.

Fitur terbaik lainnya adalah adanya refocusing  dan menciptakan bayangan yang dalam ke bidang. Hal ini layaknya memotret menggunakan kamera premium atau DSLR.

Fitur ini bisa kita ambil contoh seperti memotret sebuah benda yang sangat dekat dengan detail yang baik dan background dibuat blur.

2. Keunggulan Fitur Dual Kamera

Sensor Lebih Besar

dual 2Bkamera 300x200 - Teknologi Dual Kamera Pada Smartphone, Begini Cara Kerja dan Keunggulan Dual Kamera

Seperti yang kita ketahui adalah bahwa ukuran lensa pada smartphone tergolong lebih kecil jika dibandingkan dengan kamera DSLR dan kompak High-end.

Ini yang menjadikan salah satu kelemahan kamera pada smartphone, padahal jika menggunakan lensa besar dapat menyuguhkan kualitas gambar yang lebih baik.

Jadi dengan menggunakan dua sensor kecil yang ada pada dual kamera, dapat mensimulasikan efek dari sensor yang lebih besar. Sehingga gambar yang dihasilkan juga akan lebih baik jika dibandingkan dengan satu kamera kecil.

Dengan dua sensor, akan memberikan area yang lebih luas pada sebuah smartphone untuk mengumpulkan informasi dan cahaya.

Zoom Lebih Bagus
sensor 2Bkamera 2Blebih 2Bbesar 300x207 - Teknologi Dual Kamera Pada Smartphone, Begini Cara Kerja dan Keunggulan Dual Kamera
Ini lebih menguntungkan ketika anda melakukan pengambilan gambar dengan jarak objek yang relatif jauh, sedangkan anda enggan untuk menghampiri objek tersebut maka digunakanlah fitur zoom pada kamera.
Dengan dual kamera, anda bisa menggunakan fitur optical zoom untuk memperbesar objek dengan hasil yang lebih baik. Seperti yang dimiliki oleh LG G5, yang menggabungkan kamera smartphone normal dengan super wide-angle.
Dept of Field (DoF)
 dual 2Bkamera 2Bbagus 300x167 - Teknologi Dual Kamera Pada Smartphone, Begini Cara Kerja dan Keunggulan Dual Kamera
 
Smartphone terkini memang mampu mengambil gambar bagus layaknya kamera DSLR, terutama pada waktu siang hari. Namun satu hal yang tidak bisa ditiru adalah ruang tajam atau biasa disebut dengan DoF.
Dengan dua lensa, memungkinkan untuk mengukur kedalaman informasi yang bisa digunakan secara efektif meniru DoF setelah pemrosesan gambar.
Besaran DoF bisa diatur sesuai dengan keinginan pengguna.

LEAVE A REPLY

Silahkan tulis komentar anda!
Masukkan nama anda disini