Teknologi Internet Generasi ke 5 atau 5G Segera Hadir Tahun 2020

0
467

Setelah teknologi 4G yang sedang kita gunakan saat ini, dan menurut saya kecepatan 4G saja sudah termasuk cepat. Ternyata akan ada teknologi internet generasi ke 5 yang kecepatannya diatas 4G.

Baca Artikel : ” Apa Itu Jaringan 4G atau Fourth Generation Technology “

Salah satu operator terbesar di Indonesia XL Axiata telah melakukan serangkaian uji coba teknologi 5G. Uji coba yang dilakukan oleh XL Axiata bersama mitra penyedia infrastrukturnya yakni Ericsson dan hasil uji coba ini cukup mengagumkan.

Kecepatan yang dihasilkan mencapai 5,7 GBps, kecepatan ini sangat jauh diatas kecepatan 4G yang dikisaran 100 MBps.

Jika diilustrasikan ketika mendownload video 4k sebesar 10 GB, di jaringan 2G membutuhkan waktu 222 jam, kemudian 22 jam di jaringan 3G, kisaran 13 menit di 4G dan hanya butuh 3 menit di jaringan 5G.

Baca Juga :   Produk Internet Game Terbaik Tahun 2020 Recommended

Namun, download video 4k sebesar 10 GB dengan kecepatan koneksi mencapai 20 GBps dan latensi kurang 1 ms, maka hanya membutuhkan waktu 3 detik saja.

Ini menandakan teknologi 5G memang mempunyai kecepatan internet yang luar biasa, dan sangat dibutuhkan di Indonesia yang rata-rata kecepatan internetnya masih dibawah negara-negara lain.

Menurut CEO XL Axiata, Dian Siswarini mengatakan bahwa untuk saat ini teknologi 5G belum bisa direalisasikan di Indonesia. Ia memperkirakan 3-4 tahun kedepan teknologi 5G bisa diadopsikan di Indonesia. Jika melihat dari proses adopsi jaringan 4G di Indonesia yang begitu cepat dan agresif.

Dian Siswarini juga mengungkapkan bahwa XL Axiata siap mengimplementasikan teknologi 5G tahun 2020. Hali ini sejalan dengan meningkatnya penggunaan Internet of Things (IoT) pada tahun 2020 mendatang.

Baca Juga :   Produk Internet Game Terbaik Tahun 2020 Recommended

Bagaimana? Siap dengan jaringan cepat generasi ke 5 atau teknologi 5G? Kita tunggu di 2020.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here