Tes Warna Urine Untuk Mengetahui Kondisi Kesehatan Anda, Begini Caranya

0
53

Intanblog.com – Kondisi kesehatan manusia ternyata bisa dideteksi atau bisa di gambarkan dengan melihat dari warna urine yang dihasilkan. Anda pasti pernah mengalami dimana terjadi perubahan warna urine seperti kuning pucat, jernih, maupun kuning pekat. Warna yang terdapat pada urine adalah hasil dari zat sisa dari dalam darah yang dikeluarkan oleh tubuh. Tes warna urine anda untuk melihat kondisi tubuh.

Tes Warna Urine Untuk Mengetahui Kondisi Kesehatan Anda Begini Caranya - Tes Warna Urine Untuk Mengetahui Kondisi Kesehatan Anda, Begini Caranya

Seseorang yang tercukupi asupan air putihnya maka warna urine yang dihasilkan akan berwarna kuning pucat atau bahkan mendekati jernih. Warna kuning yang dihasilkan tersebut berasal dari pigmen tubuh atau biasa disebut dengan urokrom. Namun jika warna urine berwarna hijau, cokelat, biru, bahkan sampai berwarna merah ini bisa jadi sebagai tanda bahwa ada gangguan kesehatan dalam tubuh anda.

Baca Juga : Zat Racun Berbahaya Dalam Sebatang Rokok dan Efeknya Bagi Tubuh

Tes Warna Urine Untuk Mengetahui Kondisi Kesehatan Anda, Begini Caranya

Tes Warna Urine Untuk Mengetahui Kondisi Kesehatan Anda Begini Caranya 1 - Tes Warna Urine Untuk Mengetahui Kondisi Kesehatan Anda, Begini Caranya

Anda bisa dengan mudah melakukan tes kesehatan melalui warna yang dihasilkan pada urine. Sebagai pedomannya, berikut ini beberapa warna urine dan tanda-tanda kesehatannya :

Loading...

1. Kuning Pekat

Jika anda mengalami warna urine berwarna kuning pekat, ini tandanya tubuh anda kekurangan asupan cairan atau dehidrasi. Untuk mengatasinya, minumlah air putih yang cukup sesuai anjuran.



2. Cokelat Tua

Sedangkan jika warna urine yang dihasilkan adalah cokelat tua maka ini menjadi tanda bahwa beberapa organ tubuh anda bermasalah. Organ tersebut adalah hati, ginjal, dan infeksi saluran kemih. Namun jika anda sedang mengkonsumsi obat-obatan seperti antibiotik ataupun anti malaria, ini juga bisa merubah warna urine menjadi cokelat tua.

3. Merah

Selain karena makanan yang dikonsumsi, urine yang berwarna merah juga bisa disebabkan oleh adanya gangguan kesehatan dalam tubuh seperti kencing berdarah, gangguan ginjal, gangguan prostat, dan batu ginjal.

4. Biru

Warna urine biru memang sangat jarang sekali terjadi, namun jika anda mengalaminya jangan kaget karena ini bisa saja disebabkan oleh pewarna makanan. Hal seperti ini akan terlihat membahayakan jika dalam beberapa hari warna tidak kunjung berubah normal. Jika itu terjadi, maka segeralah menghubungi dokter untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut.

5. Putih Keruh

Jika terjadi infeksi pada saluran kemih, urine juga akan berubah warna menjadi putih keruh. Selain itu juga karena adanya penumpukan sel darah putih, asam urat, protein, maupun lemak pada urine.

6. Orange

Warna urine bisa juga berwarna orange. Hal ini menandakan bahwa terdapat beberapa masalah pada organ hati dan empedu. Tapi bisa juga dikarenakan tubuh anda kekurangan cairan.

Anda harus jeli dan terus memperhatikan perubahan warna urine untuk memastikan kondisi kesehatan anda baik-baik saja. Warna urine yang normal adalah berwarna kuning pucat mendekati jernih. Ini tandanya cairan tubuh anda tercukupi.

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here