Tips Jitu Bisnis Jual Beli Mobil Bekas

1
470

Bagi anda yang mempunyai modal besar dan berniat membuka peluang usaha yang mampu menghasilkan keuntungan besar, bisnis jual beli mobil bekas adalah pilihan yang tepat.

Bisnis jual beli mobil bekas bisa dijalankan sebagai bisnis sampingan jika anda adalah seorang karyawan. Selain itu, anda juga berpeluang membuka lapangan pekerjaan bagi orang lain.

Faktanya saat ini kebutuhan akan kendaraan roda empat bukan hanya berada di kota-kota besar, kota-kota lain pun tidak kalah bahkan hingga sampai ke pedesaan. Harga mobil baru yang mahal, menjadikan kebanyakan orang lebih memilih mobil bekas sebagai alternatif.

Tidak sedikit juga mobil bekas yang mempunyai kualitas yang tidak jauh berbeda dari mobil baru. Hal ini yang menjadikan pertimbangan orang lebih memilih mobil bekas ketimbang mobil baru.

Kesempatan inilah yang bisa anda manfaatkan untuk menjalankan bisnis jual beli mobil bekas dengan tekun. Mari ikuti tips berikut ini agar bisnis jual beli mobil bekas anda berjalan sukses.

1. Sediakan Tempat Yang Strategis

tips bisnis jual beli mobil bekas - Tips Jitu Bisnis Jual Beli Mobil Bekas

Untuk memulai bisnis jual beli mobil bekas yang perlu anda persiapkan adalah tempat atau showroom yang strategis untuk memajang mobil bekas dagangan anda. Cari tempat yang dekat dengan jalan raya agar lebih banyak orang yang mengetahui keberadaan bisnis anda.

Semakin ramai tempat tersebut maka semakin banyak peluang showroom anda ramai dikunjungi calon pembeli. Berikan kesan yang nyaman dan bersih agar memberikan kepercayaan yang lebih terhadap bisnis anda. Calon pembeli biasanya akan menilai dari tempat terlebih dahulu sebelum memutuskan mencari mobil idamannya.

2. Display Showroom Anda Dengan Mobil Bekas Yang Banyak Diminati Pasar

tips jitu bisnis jual beli mobil bekas - Tips Jitu Bisnis Jual Beli Mobil Bekas

Anda juga harus selalu mengikuti informasi mengenai jenis-jenis mobil yang banyak diminati pasar. Dengan begitu, mobil bekas yang anda sediakan akan lebih cepat terjual tanpa harus menunggu terlalu lama. Ini akan sangat bagus untuk perputaran keuangan bisnis anda.

loading...

Mobil bekas yang banyak diminati biasanya akan selalu mengikuti momen-momen tertentu. Misalkan momen menjelang lebaran, orang akan lebih membutuhkan mobil yang mempunyai kabin luas dan tempat duduk banyak. Merk untuk mobil jenis ini ada banyak, sehingga anda bisa menyiapkannya dengan pas.

3. Periksa Keaslian Dokumen Mobil Bekas Yang Anda Jual

bpkb - Tips Jitu Bisnis Jual Beli Mobil Bekas

Mobil bekas saat ini memang sangat rawan dengan kecurangan dokumen-dokumen. Untuk memastikan keaslian dokumen kendaraan anda bisa menghubungi samsat terdekat agar lebih meyakinkan.

Dengan keaslian dokumen mobil bekas yang anda jual, jelas akan memberikan reputasi yang baik terhadap pelanggan anda nantinya. Karena pembeli tidak mungkin membeli mobil dengan dokumen palsu, walaupun terlihat asli.

4. Percantik Mobil Bekas Anda Agar Terlihat Seperti Baru Lagi

percantik mobil bekas - Tips Jitu Bisnis Jual Beli Mobil Bekas

Calon pembeli biasanya akan melihat mobil dari tampilan luarnya terlebih dahulu sebelum mengecek ke bagian-bagian lainnya. Hal ini yang perlu anda perhatikan untuk semakin memikat calon pembeli. Buatlah mobil bekas agar terlihat seperti baru lagi dengan melakukan perawatan yang mendetail mulai dari body, kaca, interior dan mesin.

Mobil bekas dengan kondisi seperti baru lagi akan banyak diminati oleh calon pembeli. Showroom anda juga akan mempunyai image yang baik jika melakukan hal ini dengan semua mobil bekas yang anda jual. Selain itu juga akan mendongkrak harga jual, sehingga menambah keuntungan lebih besar.

5. Lebih Baik Bertransaksi Langsung Dengan pembeli

transaksi mobil bekas langsung ke pembeli - Tips Jitu Bisnis Jual Beli Mobil Bekas

Untuk jual beli mobil bekas usahakan lakukan transaksi langsung dengan pembeli tanpa melalui perantara atau makelar. Ini dengan tujuan, anda akan lebih banyak mendapatkan keuntungan. Selain itu, jika anda membeli mobil bekas untuk dijual lagi langsung ke pemiliknya maka akan mendapatkan informasi yang pasti tentang kondisi mobil tersebut.

Sehingga anda dapat dengan mudah memberikan harga yang pas sesuai dengan kondisi mobil bekas tersebut.

6. Perkuat Jaringan dan Relasi

bangun relasi seluasnya - Tips Jitu Bisnis Jual Beli Mobil Bekas

Relasi akan sangat penting untuk menunjang kemajuan bisnis anda. Maka dari itu perkuat dan perluas jaringan anda untuk mendapatkan informasi-informasi yang positif yang berhubungan dengan bisnis anda.

7. Promosikan Bisnis Anda Secara Offline dan Online

promosi offline dan online - Tips Jitu Bisnis Jual Beli Mobil Bekas

Ini juga penting untuk menunjang kelangsungan bisnis anda, lakukan promosi secaran offline maupun online. Ada banyak cara untuk dilakukan seperti pasang banner, spanduk, selebaran dan sebagainya untuk promosi offline.

Sedangkan untuk promosi online, anda bisa menggunakan website, social media dan sebagainya. Yang jelas lakukan promosi dengan perhitungan keuangan yang matang, agar selalu terjaga antara pengeluaran dan pemasukan.

8. Selalu Pantau Harga Pasaran Mobil Bekas

Harga pasaran mobil bekas wajib anda kuasai agar tidak terjadi kerugian. Ini bisa anda lakukan dengan relasi-relasi anda untuk mendapatkan update harga mobil bekas. Karena untuk harga akan sangat sensitif sekali tergantung dengan tahun pembuatan dan kondisi mobil tersebut.

9. Sediakan Pembayaran Secara Cash dan Kredit

Selain menyediakan system pembayaran secara cash, anda juga perlu menyediakan cara pembayaran secara kredit. Bisa anda jalin kerja sama dengan perusahaan leasing untuk pembayaran secara kredit.

Faktanya bahwa penjualan mobil bekas justru lebih banyak yang dilakukan secara kredit, jadi ini akan memudahkan calon pembeli yang mempunyai dana pas-pasan.

10. Berikan Garansi Untuk Memberikan Kepercayaan Pembeli

garansi mobil bekas - Tips Jitu Bisnis Jual Beli Mobil Bekas

Yang terakhir, berikan garansi untuk setiap mobil bekas yang anda jual untuk memberikan kepercayaan terhadap pembeli. Garansi bisa saja dengan layanan service gratis dalam jangka waktu tertentu dimulai dari tanggal pembelian atau bisa dengan garansi sparepart yang lain.

Itulah beberapa tips jitu bisnis jual beli mobil bekas yang bisa anda jalankan. Setiap bisnis pasti tidak dengan cara yang singkat untuk mencapai kesuksesan, oleh karena itu tetap tekun dan pantang menyerah dalam menjalankan bisnis.

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here