Tips Memilih Tema WordPress Yang Tepat dan Berkualitas

0
169

Dalam pembuatan website maupun blog menggunakan platform wordpress tentu harus melalui banyak pertimbangan dan persiapan yang matang. Hal ini perlu dilakukan oleh seorang webmaster maupun blogger dengan tujuan agar website nantinya dapat dinikmati publik secara nyaman dan tepat sasaran. Salah satu hal yang paling penting adalah pertimbangan dalam memilih tema wordpress.

tips memilih tema wordpress yang tepat dan berkualitas - Tips Memilih Tema Wordpress Yang Tepat dan Berkualitas

Tema yang biasa dikenal dengan template atau theme salah satunya memiliki fungsi pada sebuah website untuk menampilkan konten supaya tertata rapi dan menarik. Keuntungan lainnya jelas agar pembaca atau pengunjung merasa nyaman serta mudah dalam menelusuri isi konten dari sebuah website maupun blog. Oleh karena itu pada kesempatan kali ini saya akan berbagi beberapa tips memilih tema wordpress yang tepat dan berkualitas, baik itu yang berbayar maupun gratis.

Baca Juga : Tips Memilih Nama Domain Terbaik Untuk Blog Anda

Tips Memilih Tema WordPress Yang Tepat dan Berkualitas

Ingat!! Dalam memilih tema wordpress tidak bisa dilakukan secara asal-asalan, namun harus mempertimbangkan beberapa aspek yang berkaitan dengan tujuan dari website tersebut. Saat ini banyak sekali kumpulan tema wordpress gratis maupun berbayar yang bisa menjadi pilihan terbaik untuk website anda.

Berikut ini beberapa tips memilih tema wordpress yang bukan saja tepat untuk website anda namun harus berkualitas dan tepat sasaran :

1. Sesuaikan Dengan Niche atau Topik Pembahasan

Pilihlah tema yang sesuai dengan topik pembahasan website anda. Sebagai contoh, website anda memiliki topik pembahasan lebih dari satu maka tema yang cocok untuk website anda adalah tipe magazine.

Tema magazine biasanya akan menampilkan beberapa konten per kategori atau topik pada homepage. Jadi pembaca akan dipermudah dalam memilih topik yang sesuai saat mengunjungi halaman utama website anda.

Contoh lainnya misal website anda dimanfaatkan sebagai toko online, maka pilihlah tema yang sudah mendukung plugin woocommerce maupun shoping cart. Sehingga akan lebih mudah digunakan untuk menampilkan produk toko online anda.

2. Responsive

Semakin pesatnya teknologi mobile saat ini membuat perubahan besar kebiasaaan manusia dalam mengakses informasi. Yang sebelumnya informasi dunia maya lebih banyak diakses melalui perangkat desktop, kini bergeser menjadi lebih banyak diakses melalui perangkat mobile seperti smartphone dan tablet.

Oleh karena itu, agar website anda bisa diakses dengan baik melalui perangkat mobile maka pilihlah tema yang sudah responsive. Artinya tampilan tema akan menyesuaikan dengan perangkat yang digunakan untuk mengakses website anda.

3. Support dari Developer

Salah satu yang tidak kalah pentingnya adalah tema yang anda pilih memiliki support dari pembuatnya. Hal ini tujuannya adalah jika suatu saat terjadi bug atau erorr maka akan cepat ditangani.

Tujuan lainnya adalah tema akan selalu di update oleh pembuatnya untuk perbaikan kualitas dan selalu support dengan platform wordpress terkini.

4. Reputasi Bagus

Terakhir yang menjadi pertimbangan anda dalam memilih tema adalah mengenai reputasi tema tersebut. Reputasi tema yang bagus biasanya bisa dilihat dari ulasan-ulasan dari orang-orang yang sudah menggunakannya terlebih dahulu.

Anda juga bisa mencari informasi tambahan mengenai reputasi tema tersebut melalui forum maupun melalui search engine. Jika banyak yang memberikan ulasan-ulasan yang positif, berarti tema tersebut memiliki reputasi bagus dan layak untuk dipilih.

Baca Juga : Cara Meningkatkan Traffic Pengunjung Blog atau Website Secara Gratis dan Berbayar

Pilih Tema WordPress Gratis Atau Berbayar?

Setelah anda mempertimbangkan beberapa tips yang sudah saya berikan di atas, langkah selanjutnya yang perlu anda lakukan adalah memilih antara tema wordpress gratis atau tema premium yang berbayar.

Lagi-lagi yang perlu saya tekankan adalah tergantung dari kebutuhan anda membuat website. Apakah akan digunakan sebagai website personal atau digunakan sebagai website untuk bisnis.

Jika anda gunakan sebagai website personal, memilih tema gratis adalah pilihan yang tepat karena tidak perlu mengeluarkan dana lebih untuk menebusnya. Hanya saja tema gratis biasanya tidak didukung oleh pembuatnya, artinya jika terdapat bug atau erorr pada tema tersebut maka anda harus bisa mencari solusi sendiri.

Selain itu, tema yang ditawarkan secara gratis biasanya ada beberapa fitur yang di lock atau tidak bisa digunakan. Namun kekurangan tersebut bukanlah hal yang berarti jika digunakan untuk website personal.

Sedangkan jika website yang anda buat digunakan untuk keperluan bisnis, maka lebih baik pilihlah tema yang berbayar. Kenapa? Karena tema berbayar memiliki fitur yang lebih lengkap dan memiliki support penuh dari pembuatnya.

Untuk mendapatkannya tentu anda harus merogoh kocek yang lebih besar. Namun biaya yang anda keluarkan tentu setara dengan hasil yang akan anda peroleh.

LEAVE A REPLY

Silahkan tulis komentar anda!
Masukkan nama anda disini