Home Blogging Tips Memulai Blogging Untuk Pemula Agar Menjadi Blogger Sukses

Tips Memulai Blogging Untuk Pemula Agar Menjadi Blogger Sukses

321
2
BAGIKAN

Bagi anda seorang blogger pemula yang masih dalam tahap belajar tentunya membutuhkan banyak informasi tentang dunia blogging. Tujuannya sudah pasti untuk mengembangkan blog agar lebih terkenal dan menjadi blogger sukses. Selain itu juga harus tahu tips memulai blogging agar kegiatan ngeblog bermanfaat.

tips memulai blogging - Tips Memulai Blogging Untuk Pemula Agar Menjadi Blogger Sukses

Dalam menunjang proses belajar blogging tersebut, ada beberapa tips bermanfaat yang dapat membantu anda untuk menggapai mimpi menjadi blogger sukses. Anda bisa mempraktekkan tips memulai blogging berikut ini sesuai dengan kebutuhan blog anda.

Baca Juga : Cara Membuat Blog Gratis Melalui Blogger

Tips Memulai Blogging Untuk Pemula




Sebelum memulai blogging anda wajib memperhatikan beberapa tips memulai blogging berikut ini :

1. Tentukan Topik Pembahasan Blog

Sebelum memutuskan untuk membuat blog, hal pertama yang harus anda persiapkan dengan matang adalah topik pembahasan yang akan anda bahas dalam setiap konten blog.

Diharapkan pilihlah topik blog yang memang anda kuasai secara mendalam. Misalkan anda ahli dalam bidang ” ilmu komputer “, maka buatlah blog dengan topik tentang ” Ilmu Komputer ” yang membahas seputar topik tersebut.

Tentu ini sangat penting untuk membantu anda dalam membuat konten blog agar tidak mengalami kesulitan. Banyak kasus blogger pemula pada akhirnya menyerah pada dunia ngeblog karena tidak tepat dalam pemilihan topik blog sehingga mengalami kesulitan dalam membuat konten.

Baca Rekomendasi : Membuat Blog Dengan satu Niche Blog Atau Lebih? Mana Yang Terbaik?

2. Pilih Nama Blog Yang Tepat

Dalam pemilihan nama blog bisa anda gunakan sesuai dengan nama anda, sesuai dengan topik pembahasan atau bisa juga sesuai dengan target keyword blog anda. Yang jelas, nama blog tidak perlu panjang-panjang tapi yang mudah diingat orang lain.

Nama blog ini juga salah satu faktor penentu sukses atau tidaknya blog anda kedepannya.

Baca Juga : Tips Memilih Nama Domain Terbaik Untuk Blog Anda

3. Gunakan Top Level Domain (TLD)

Apa itu Top Level Domain ( TLD )?

Top Level Domain ( TLD ) adalah segmen terakhir dalam sebuah nama domain. Contoh intanblog.com, intanblog sebagai nama domain dan ( .com ) sebagai Top Level Domain ( TLD ).

TLD ada banyak contohnya mulai dari .com, .net, .id, .co.id, .go.id dan lain sebagainya. Mengapa harus menggunakan Top Level Domain (TLD)?

Tentu agar blog anda terlihat lebih profesional dan mudah diingat orang lain.

4. Pilih Tema atau Template Yang Tepat

Theme atau template merupakan salah satu faktor penting dalam struktur sebuah website maupun blog. Tampilan blog akan terlihat lebih menarik dan nyaman bagi pengunjung jika pemilihan tema yang anda lakukan tepat dan sesuai.

Anda tentu harus jeli dalam memilih tema dan harus memperhatikan beberapa hal agar tema yang anda pilih tidak salah sasaran.

Baca Juga : Tips Memilih Tema WordPress Yang Tepat dan Berkualitas

5. Isilah Blog Dengan Konten-Konten Berkualitas

Blog akan disukai oleh mesin pencarian seperti Google jika isinya memuat konten-konten berkualitas yang bermanfaat dan dibutuhkan banyak orang.

Blog dengan konten yang berkualitas akan mendatangkan banyak visitor atau pengunjung karena isinya positif dan bermanfaat. Pengunjung akan mendapatkan informasi yang sesuai dengan apa yang sedang mereka butuhkan melalui blog anda.

Keuntungannya, blog anda akan disukai pengunjung dan pada akhirnya akan menjadi pengunjung setia yang selalu menunggu update konten-konten terbaru dari blog anda.

Baca Juga : Cara Membuat Artikel Seo Friendly Agar Masuk Page One

6. Daftarkan Blog Ke Webmaster Tools

Agar blog anda masuk dalam mesin pencarian ( search engine ) seperti Google dan Bing atau Yahoo maka perlu mendaftarkan blog ke webmaster tools masing-masing search engine tersebut.

Selain agar blog anda dapat terindex mesin pencarian, anda juga dapat mengontrol lalu lintas blog anda melalui webmaster tools seperti mengecek visitor blog, melihat url yang error, melihat keyword, dan mengatur sitemap.

Baca Juga : Cara Mudah Mendaftarkan Blog Ke Bing dan Google Webmaster Tool

7. Optimasi SEO

Optimasi SEO diperlukan untuk sebuah blog agar konten-kontennya mampu bersaing pada halaman hasil pencarian search engine.

Dalam optimasi SEO ada dua cara :

  • Optimasi SEO On Page atau teknik seo yang dilakukan di dalam blog.
  • Optimasi SEO Off Page atau teknik seo yang dilakukan di luar blog.
Baca Juga : Apa Itu Pengertian SEO dan Apa Manfaat Search Engine Optimization

8. Tingkatkan Traffic Pengunjung Blog

Kesuksesan sebuah blog adalah dilihat dari banyaknya pengunjung yang mengunjungi blog anda setiap harinya. Semakin banyak pengunjung, maka semakin berpotensi blog anda menjadi blog yang sukses.

Baca Juga : Cara Meningkatkan Traffic Pengunjung Blog atau Website Secara Gratis dan Berbayar

9. Hindari Kesalahan Sebagai Seorang Blogger

Sebagai seorang blogger, anda harus menjauhi beberapa kesalahan-kesalahan yang membuat anda sulit menjadi seorang blogger sukses.

Baca Juga : Kesalahan Seorang Blogger Yang Perlu Dihindari

10. Monetisasikan Blog Anda

Blog anda akan mendatangkan banyak uang jika dimonetisasikan secara maksimal. Ada salah satu cara yang banyak digunakan oleh blogger adalah mendaftarkan blog ke Google Adsense.

Dengan adsense ini blog anda akan berpotensi mendatangkan uang dari hasil iklan yang anda pasang pada blog.

Baca Juga : Cara Menghasilkan Uang Dari Google Adsense

11. Promosikan Blog Anda

Tips terakhir yang tak kalah penting adalah dengan mempromosikan blog anda secara online melalui social media.

Ada banyak social media yang digunakan secara gratis seperti facebook, twitter, instagram dan lain sebagainya. Cara ini terbilang efektif karena pengguna internet saat ini lebih banyak menggunakan social media.

Itulah beberapa tips memulai blogging untuk pemula yang penting untuk dijalankan agar menjadi seorang blogger yang sukses.

2 KOMENTAR

    • lebih baik memang ketika baru membuat blog, langsung gunakan TLD. Tapi kalau sebelumnya pakai blogspot dan mau beralih ke TLD, memang awalnya traffic blog menurun. Tapi itu hanya beberapa hari saja, krn nanti pengunjung blog akan di redirect dari URL lama ke URL baru ( TLD ).

BERIKAN KOMENTAR

Silahkan tulis komentar anda
Silahkan masukkan nama anda disini