Tips Puasa Agar Tubuh Tetap Fit Hingga Berbuka Puasa

0
234

Intanblog.com – Kurang lebih selama 12-13 jam tubuh tidak mendapatkan asupan nutrisi ketika seseorang sedang menjalankan puasa. Hal inilah yang menjadikan tubuh terasa lemas dan kurang berenergi. Memang pada dasarnya makanan yang dikonsumsi pada saat sahur dapat membantu memberikan tenaga hingga 8 jam. Namun itu belum cukup bagi tubuh untuk terus fit hingga waktunya buka puasa. Tips puasa agar tubuh tetap fit ini perlu anda coba agar puasa anda sukses hingga berbuka puasa.

Tips puasa agar tetap fit sepanjang hari - Tips Puasa Agar Tubuh Tetap Fit Hingga Berbuka Puasa

Selama menjalankan puasa tubuh memang bisa tetap fit dan bugar asalkan kebutuhan nutrisi yang diperlukan tubuh tercukupi dengan baik. Banyak yang beranggapan bahwa makan banyak ketika sahur dipercaya bisa membuat tubuh terus berenergi untuk beraktifitas. Namun hal tersebut tidak sepenuhnya benar karena komposisi asupan nutrisi yang kurang justru manfaatnya tidak maksimal.

Baca Juga : Jeruk Lemon : Kandungan dan Manfaatnya Bagi Kesehatan

Tips Puasa Agar Tubuh Tetap Fit Hingga Berbuka Puasa

Waktu sahur adalah saat yang tepat untuk anda menentukan makanan apa yang harus dikonsumsi. Sebisa mungkin jangan hanya makan asal kenyang, tapi harus seimbang asupan nutrisinya. Untuk lebih jelasnya berikut ini tips yang perlu anda jalankan.

1. Menu Sahur Sehat

Pilihlah menu makanan yang sehat untuk santapan sahur anda. Artinya asupan gizi yang dikonsumsi harus memenuhi gizi seimbang. Makanan tersebut harus terdiri dari karbohidrat (50-60%), protein (15-20%), dan lemak (20-25%).

Khususnya untuk karbohidrat sebaiknya pilihlah karbohidrat kompleks yang kaya serat seperti golongan buah-buahan dan umbi-umbian. Pada dasarnya karbohidrat kompleks itu akan melepas energi secara perlahan. Artinya hal ini akan memberikan manfaat bagi tubuh yang membuat rasa kenyang lebih lama.

2. Tubuh Harus Tercukupi Cairan dan Zat Besi

Tubuh yang kurang asupan air (dehidrasi) juga kemungkinan besar yang menjadikan tubuh merasa lemas. Oleh karena itu anda harus perhatikan komposisi air yang dibutuhkan dengan cara minum air putih 2 gelas ketika buka puasa, 4 gelas setelah berbuka hingga sebelum tidur, dan 2 gelas lagi saat sahur.

Perlu anda ketahui bahwa air dan zat besi akan memberikan manfaat bagi tubuh dalam mendistribusikan oksigen ke seluruh tubuh. Oleh karena itu jika keduanya terpenuhi maka aliran oksigen lancar sehingga tubuh akan tetap bugar dan fit.

Baca Juga : Penderita Kolesterol Tinggi Wajib Konsumsi Makanan Ini Untuk Turunkan Kolesterol

3. Cukup Istirahat

Istirahat yang cukup memang sangat baik bagi kesehatan tubuh. Setelah sharian beraktifitas, tubuh memerlukan istirahat yang cukup. Apalagi jika bulan puasa, sudah tentu waktu istirahat anda akan berkurang. Sebaiknya buatlah jadwal yang sama setiap hari untuk waktu tidur dan bangun tidur.

Selain itu tidur yang berkualitas juga sangat penting agar tubuh tidak lemas dan kurang bergairah ketika siang hari. Oleh karena itu buatlah tidur anda agar berkualitas dengan cara mandi air hangat atau mendengarkan musik klasik sebelum tidur, hindari merokok dan kafein.

4. Hindari Gorengan dan Garam

Makanan yang cara membuatnya dengan digoreng memang memerlukan waktu yang lama atau bertahan lebih lama di dalam lambung. Akibatnya akan meningkatkan kondisi dimana asam lambung akan cepat naik.

Selain gorengan, garam juga perlu dihindari karena bahan yang satu ini memicu tubuh untuk kehilangan banyak cairan dengan cepat. Kenapa begitu? Garam sendiri memiliki sifat diuretik atau secara sederhananya dapat menarik air lebih cepat dan akhirnya anda akan lebih sering buang air kecil.

Baca Juga : Manfaat Alpukat Bagi Kesehatan Yang Harus Anda Ketahui

5. Sempatkan Olahraga

Biarpun sedang puasa anda tidak harus meninggalkan waktu berolahraga, tapi harus tetap berolahraga hanya saja waktunya yang diubah. Misal jika di hari-hari biasa olahraga dilakukan pagi hari, maka ketika puasa bisa dilakukan pada saat sebelum buka puasa dan setelah buka puasa.

Pilihlah jenis olahraga yang memiliki intensitas rendah dan dengan durasi pendek. Sebagai contoh senam, jalan kaki, bersepeda, renang, badminton, atau olahraga lainnya. Olahraga ringan juga akan membantu tubuh untuk menjaga agar tetap bugar, segar, dan fit selama menjalankan puasa.

Itulah beberapa tips puasa agar tubuh tetap fit selama hampir 12-13 jam setiap harinya. Selain memperhatikan menu sahur, anda juga harus memperhatikan menu buka puasa sehat agar tubuh tidak mudah lemas.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan masukkan komentar anda!
Silahkan masukkan nama Anda di sini