RajaBackLink.com
Jual Beli Bitcoin dan Aset Digital

USB Type C Banyak Digunakan Pada Smartphone Terbaru, Apa Hebatnya?

0
228

Intanblog.com – Jika sebelumnya kebanyakan smartphone masih menggunakan micro USB, rupanya trend tersebut sekarang telah berubah. Pasalnya untuk smartphone keluaran terbaru saat ini mulai dibekali dengan USB type C. Secara bentuk memang keduanya terlihat berbeda, begitu juga dengan kinerja secara teknis. USB type ini diklaim lebih baik dibandingkan dengan micro USB. Apa saja sih hebatnya hingga banyak vendor smartphone saat ini mulai membekali produk terbarunya dengan USB C?

Micro USB dan USB type C merupakan sebuah part yang digunakan sebagai konektor untuk keperluan pengisian daya baterai maupun digunakan untuk transfer data. Jika pada smartphone terkini, konektor tersebut berada di sisi bagian bawah ponsel. Jika pada micro USB ujung steker bentuknya melengkung pada satu sisi, dan datar pada sisi lainnya. Sedangkan USB-C untuk semua sisinya berbentuk melengkung.

USB Type C Banyak Digunakan Pada Smartphone Terbaru, Apa Hebatnya?

USB Type C - USB Type C Banyak Digunakan Pada Smartphone Terbaru, Apa Hebatnya?
Bentuk USB Type C

Anda tentu penasaran dengan kehebatan USB-C bukan? Sebelumnya kenali dulu apa itu USB-C yang sedang digandrungi saat ini. USB type C merupakan spesifikasi USB untuk sebuah konektor 24-pin yang bisa dibolak-balik untuk keperluan transfer data dan pengisian daya baterai.

USB type C memiliki kehebatan yakni bentuknya yang fleksibel sehingga anda tidak perlu takut menancapkan steker ke lubang port terbalik, karena steker dimasukkan dalam posisi dibolak balik akan tetap masuk. Hal ini berbeda dengan micro USB yang harus sesuai dengan bentuk port, sehingga jika terbalik maka ujung steker tidak bisa masuk ke lubang port pada smartphone.

Selain fleksibel, USB-C juga memiliki kecepatan transfer data yang lebih baik dibandingkan dengan type-type sebelumnya. USB ini sebenarnya bukan merupakan produk baru, tapi sudah sejak tahun 2014 dikenalkan ke publik hanya saja saat itu masih digunakan di beberapa perangkat menengah ke atas. Wajar saja masih banyak yang belum begitu mengenalnya.

Micro USB - USB Type C Banyak Digunakan Pada Smartphone Terbaru, Apa Hebatnya?
Perbedaan USB Type C dan Micro USB

Spesifikasi USB-C versi 1.0 pertama kali diterbitkan oleh USB Implementers Forum (USB-IF) dan diselesaikan pada Agustus 2014. USB-C memiliki tiga kali lipat jumlah pin dari USB 3.0, yakni delapan hingga 24 pin. Begitu juga dengan desain reversibel pertama, USB-C dapat memperluas fungsi dan kemampuannya.

Kecepatan transfer datanya mencapai 10 Gbps atau 2X lebih cepat dari port USB 3.0 yang hanya 5 Gbps saja. Konektor yang dimiliki USB-C sangat kecil sehingga tidak memakan ruang lebih besar dibanding dengan port pada micro USB. Jika melihat kehebatannya maka sudah bisa dipastikan bahwa USB-C akan menjadi standar baru dalam perangkat smartphone.

Port - USB Type C Banyak Digunakan Pada Smartphone Terbaru, Apa Hebatnya?
Contoh port USB Type C pada Smartphone

Baru-baru ini smartphone yang baru saja diluncurkan di Indonesia seperti Samsung M20 dan Redmi Note 7 sudah dibekali dengan USB type C. Itu artinya port USB tersebut mulai diaplikasikan pada perangkat smartphone menengah ke bawah dengan harga jual terjangkau.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here