Vaksin Corona Oxford Kandidat Terkuat, Paling Cepat September 2020 Tersedia

0
146

Intanblog.com – Vaksin Oxford kandidat terkuat, Penyebaran virus corona masih terus berlangsung di seluruh penjuru dunia. Lebih dari 15 juta jiwa telah terinveksi virus tersebut dan setidaknya lebih dari 600 ribu orang meninggal dunia. Kasus positif terbanyak saat ini berada di USA sebanyak 4.028.569, kedua Brazil sebanyak 2.116.532, dan Indonesia sendiri berada di peringkat 24 dengan kasus positif sebanyak 89.869. Data tersebut diambil per hari ini, 22/7/2020. Penyebaran virus corona akan terus berlangsung jika Vaksin belum juga ditemukan.

Vaksin Corona Oxford Kandidat Terkuat

Vaksin sendiri adalah sebuah bahan antigenik yang digunakan untuk menghasilkan kekebalan terhadap suatu penyakit. Pemberian vaksin (imunisasi) dilakukan untuk mencegah atau mengurangi pengaruh infeksi penyebab penyakit-penyakit tertentu. Dalam masa pandemi Corona seperti sekarang ini, maka vaksin untuk menangkal virus corona sangat dibutuhkan.

Seluruh negara terus berlomba-lomba untuk segera menemukan vaksin corona demi memutus mata rantai penyebaran. Saat ini ada satu kandidat terkuat vaksin corona yang dikembangkan oleh University of Oxford dan AstraZeneca.

Baca Juga :   10 Negara Positif Corona Terbanyak Versi WHO

Baca juga : Apa Itu Virus Corona? Gejala dan Resikonya

Hasil Percobaan Terhadap 1.077 Orang

Perkembangan Vaksin tersebut saat ini sudah melewati percobaan fase 1/2. Uji coba dilakukan terhadap 1.077 orang berusia 18 hingga 55 tahun yang tidak memiliki riwayat covid-19, hasilnya vaksin tersebut dinilai aman dan menginduksi respon imun.  Vaksin mampu memicu respons antibodi dalam 28 hari dan respons T-cell dalam 14 hari. Percobaan berlangsung di lima Rumah sakit di Inggris dimulai akhir bulan April hingga akhir Mei.

Vaksin juga tidak memberikan efek samping yang serius terhadap tubuh, paling menonjol adalah hanya kelelahan dan sakit kepala. Efek samping lainnya seperti rasa sakit di kulit tempat disuntik vaksin, nyeri otot, kedinginan dan demam. Mereka masih perlu melakukan penelitian lebih lanjut hingga vaksin tersebut benar-benar melindungi secara efektif terhadap infeksi virus SARS-CoV-2, dan untuk berapa lama perlindungan berlangsung.

Baca Juga :   Intip Program Keren Aqua, Pengurangan Sampah Plastik

Baca juga : Warga Jateng Bisa Update Informasi Corona Melalui Situs Pemprov

Kapan Vaksin Mulai Tersedia?

Team peneliti vaksin corona Universitas of Oxford mengungkapkan bahwa Vaksin bisa tersedia paling cepat pada bulan September 2020. Meskipun tanggalnya belum diketahui secara pasti, namun dengan bekerja sama dengan Perusahaan-Perusahaan farmasi besar maka mereka optimis bulan September sudah tersedia secara luas.

Vaksin itu dikembangkan oleh Jenner Institute, didukung oleh pemerintah Inggris dan AstraZeneca yang akan mendukung tahap produksi. Potensi vaksin coronavirus Oxford telah dilisensikan ke AstraZeneca. Sehingga vaksin corona Oxford kandidat terkuat sebagai vaksin pertama yang akan digunakan di seluruh dunia dalam waktu dekat.

Baca Juga :   Fungsi Vitamin C Sangat Penting Untuk Melawan Virus

Bagaimana Perkembangan Vaksin di Indonesia?

Indonesia termasuk dari sekian banyak negara yang berlomba-lomba menciptakan vaksin corona. Indonesia memiliki tim peneliti yang berasal dari 3 lembaga yakni Lembaga Eijkman, PT Bio Farma dan PT Kalbe Farma.

Menurut ketua konsorsium riset dan inovasi Covid-19 Kementerian Riset dan Teknologi, Prof Ali Gufron Mukti memprediksi bahwa vaksin lokal akan mulai diproduksi massal dan akan tersedia pada pertengahan tahun 2021.

Indonesia juga telah setuju untuk melakukan upaya bersama dalam memproduksi vaksin untuk melindungi bangsa dan penduduk dunia lainnya. Namun hal yang perlu diingat, sebelum vaksin tersedia kita tetap wajib untuk melindungi diri dan sekitar dari virus Corona COVID-19.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here